Jumat, 11 November 2011

Buku = Dunia


Sesorang yang gemar membaca akan mempunyai pandangan yang luas, membuatnya menjadi manusia yang utuh, sedangkan orang yang gemar
berdiskusi membuat orang harus siap memberikan jawaban atau
mengajukan pertanyaan, dan orang yang gemar menulis
membuatnya menjadi mansia yang cermat
(Francis Bacon)

Pernah dengar pepatah yang mengatakan “buku adalah jendela dunia”? Semakin banyak anda membaca, semakin banyak anda tahu tentang dunia ini. Baik yang ada didalam, dipermukaan, maupun diluar dunia ini. Jika anda sedikit membaca, maka anda semakin tertinggal dengan yang lain.

Buku menjadi solusi memecahkan suatu kebodohan dan membaca adalah kuncinya. Jadi tepat bila buku adalah jendela dunia membaca adalah kuncinya. Kata-kata bijak itu sudah turun temurun kita dengar. Memang benar, dengan membaca kita bisa memperoleh pengetahuan dalam bidang apapun.
Buku merupakan informasi segala kebutuhan yang diperlukan, dimulai dari Iptek, seni budaya, ekonomi, politik, sosial dan pertahanan keamanan dan lain-lain. Upaya membaca buku membuka wawasan dunia intelek sehingga dapat mengubah masa depan serta mencerdaskan akal, pikiran dan iman.
Tanpa membaca buku, tanpa ada buku, dunia akan bodoh, dan buta huruf semakin banyak. Buku dapat dibaca bila ada kemauan menjadi pintar, buku yang baik dapat dicetak apabila artikelnya memuat wawasan yang dapat diterima akal sehat pembaca sebagai penerima informasi.
Buku juga merupakan sumber harta yang tak ternilai harganya. Uang bisa habis, harta, kekuasaan bisa lenyap, tapi pengetahuan tidak bisa hilang. Jadi jelas, harga pengetahuan yang bersumber dari buku sangat bernilai tinggi apabila kita manfaatkan dengan serius.

5 Cara Menumbuhkan Minat Gemar Membaca Tips Membaca Efektif | Cara Membaca Cepat :
  1. Pertama anda harus menganggap buku itu sebuah makanan yang lezat, menyadari bahwa buku adalah makanan ruhani kita yang sangat bergizi.
  2. Tumbuhkanlah Rasa Ingin Tahu yang Besar dari buku yang akan kita abaca. meminjam kata-kata Einstein bahwa “aku bukanlah orang yang jenius atau memiliki kecerdasan khusus tapi aku hanyalah orang yang penasaran dan memiliki rasa ingin tahu yang besar “  
  3. Kemudian cicipilah “kelezatan” dari  membaca buku itu sendiri dengan membaca ditempat yang nyaman dan sejuk.
  4. Temukanlah hal-hal yang menarik dari buku yang anda baca dengan itu anda akan terangsang dan semakin penasaran untuk melahap habis buku itu.
5.  Setelah membaca cobalah untuk merekam bacaan yang anda baca tadi dengan menuliskan hal-hal yang menarik yang dapat anda ambil.
Mari kita jangkau dunia melalui buku,,terus lah membaca....!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls